Franchising

Posted: November 23, 2012 in Uncategorized

Apa Itu Franchising?

Waralaba (inggris: Franchising) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

 

Franchising Asing, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi,karena berasal daari luar negeri.

Contoh Franchising asing yaitu :

1.kentucky fried chicken

Image

2.Hoka-hoka bento

Image

3.Hard rock café

Image

4.Pizza hut

Image

5.Dunkin donut

 Image

 

 Keuntungan Franchising asing :

  1. Percepatan perluasan usaha, dengan modal relatif rendah
  2. Efisiensi dalam meraih target pasar melalui promosi bersama
  3. Terbentuknya kekuatan ekonomi dalam jaringan distribusi
  4. Menggantikan kebutuhan personel Franchisor dengan para operator milik Franchisee (slim organization)
  5. Pemilik outlet bermotivasi tinggi karena menyangkut pengembalian investasi dan keuntungan usaha

 

Kerugian Franchising asing:

  1. Kewenangan outlet di tangan Franchisee (kalau terlalu banyak ide merepotkan Franchisor)
  2. Perlu perubahan paradigma (paradigm shift) atas materi yang dijual
  3. Untuk membentuk sistem yang baku, perlu adanya proses yang lebih birokratis

 

 

Manfaat dari franchising asing :

  1. Rute lebih cepat ke pasar – Waktu adalah kunci. Internasional waralaba memungkinkan Anda untuk menangkap peluang pasar pada saat yang tepat, dengan mengangkat orang lain untuk mengembangkan merek Anda dalam wilayah baru. Jika saya tidak tumbuh bisnis saya bersama dengan franchisee master internasional dan pengembang daerah, saya tidak akan memiliki pengetahuan pasar yang cukup lokal, kontak atau tenaga kerja untuk mengembangkan wilayah dan akan melewatkan tren dan karena itu akan secara signifikan mengurangi pertumbuhan perusahaan
  1. Peningkatan kesadaran merek – International waralaba memungkinkan Anda untuk mencapai yaitu brand awareness yang jauh lebih besar baik skala merek lokal, nasional dan global tergantung pada rencana pertumbuhan Anda
  1. Modal Kebutuhan Mengurangi – Pada saat Anda faktor dalam pengembangan outlet badan usaha sendiri yaitu beberapa biaya overhead seperti staf dan sewa, dan manajemen waktu dan biaya, itu adil untuk mengatakan bahwa waralaba internasional membutuhkan kurang dimuka daripada jika Anda adalah untuk mengembangkan sendiri perusahaan yang dimiliki outlet.
  1. Pertumbuhan Melalui Mitra Committed – International waralaba memungkinkan Anda untuk merekrut mitra bisnis lokal dalam setiap negara baru Anda memasukkan siapa memiliki pengetahuan pasar yang lebih besar lokal, kontak dan sering pengalaman bisnis dalam pasar itu, daripada yang pernah Anda bisa harus Anda mengembangkan outlet Anda sendiri dikelola dan jauh lebih mungkin berkomitmen untuk mengembangkan bisnis daripada manajer lokal.
  1. Kelompok Peningkatan daya beli – Tumbuh jaringan internasional outlet waralaba akan menarik lebih besarnya skala ekonomi dan daya beli

 

Kiat-kiat untuk mempertahankan:

1. Jangan tergesa-gesa,mulai dengan evaluasi atas diri sendiri dan kemudian meneliti berbagai peluang waralaba yang paling sesuai secara mendalam.

2. Gunakan internet untuk penelitian tentang waralaba yang akan kita geluti setelah memikirkannya matang-matang.

3. Baca dan pelajari Uniform Franchise Offering Circular(UFOC) melalui notaris yang dipercaya dan berpengalaman karena akan cukup melelahkan untuk mempelajari undang-undang tersebut tanpa bantuan pihak luar.

4. Ajukan pertanyaan tentang waralaba yang akan kita geluti agar tidak hanya menerka-nerka.

5. Bicara pada terwaralaba senior tentang waralaba tersebut tentang suka duka mengelola waralaba tersebut.

6. Ambil peran aktif dalam pelatihan untuk membantu pengelolaan waralaba tersebut. Walaupun kita tidak ikut bekerja, tetapi setidaknya kita sebagai pemilik tahu dengan baik bagaimana proses kerja sehari-hari dalam membuat produk dan jasa.

7. Bertukar pikiran tentang pengalaman dengan pihak waralaba dan mendengar motivasi-motivasinya agar kita dapat lebih semangat dalam menjalankan usaha tersebut.

 

 

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba

http://wihdawidhi.blogspot.com/2011/05/waralaba-franchising.html

http://expedisi-kami.blogspot.com/2010/01/keuntungan-kerugian-franchise.html

http://ilerning.com/index.php?option=com_content&view=article&id=559:kelompok-6-marantha-ak-f-yohanna-aprilia-jessica-elbertine-eugenia-charisca-fany-amerizia&catid=44:dasar-dasar-kewirausahaan&Itemid=69

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s