Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Iklim-Iklim Bisnis

Posted: October 19, 2012 in Uncategorized

1.Inflasi,

Dalam ilmu ekonomi, inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus berkaitan dengan mekanisme pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain, konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang. Dengan kata lain, inflasi juga merupakan proses menurunnya nilai mata uang secara terus-menerus. Jadi,jika inflasi di Indonesia terjadi,Faktor-faktor yang akan mempersulit bisnis yaitu seperti meningkatnya  bahan baku, peningkatan biaya tenaga kerja, peningkatan modal, dan suku bunga.

2.Pengangguran,

Adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak.Timbulnya kemiskinan. Dengan menganggur, tentunya seseorang tidak akan bisa memperoleh penghasilan. Sedangkan dalam bisnis membutuhkan konsumen. Tanpa konsumen bisnis akan mengalami kerugian atau bahkan bangkrut.

3.Faktor Modal

Dengan modal yang dimiliki, orang bisa mulai berbisnis. Besar modal yang diperlukan untuk berbisnis tergantung dari bisnis apa yang akan kita jalani. Semakin besar modal,mungkin juga semakin maju bisnis yang dijalankan. Contoh:dalam menjual nasi goreng,jika modal seseorang kecil,mungkin hanya dapat menggunakan gerobak untuk menjualnya. Tetapi jika memiliki modal yang banyak,mungkin saja dapat menciptakan rumah makan untuk nasi goreng tersebut.

4.Faktor Sumber Daya Manusia

Agar bisnis yang dijalani tersebut sukses dan menghasilkan banyak keuntungan, tentu diperlukan orang-orang yang terampil, kreatif, berkualitas tinggi, ulet, mampu berinovasi, pantang menyerah, mempunyai kemampuan bersaing yang tinggi (kompetitif), sportif dan pandai mengolah bisnisnya.
Jadi,semakin pintar seseorang,semakin baik dan maju pula bisnis yang dapat dijalankan.

5.Faktor Ketepatan Produk dan Kecocokan Produk

Faktor ini juga mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Produk yang cocok adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen serta harganya terjangkau (sesuai dengan daya beli konsumen). Produk tersebut harus bisa memberikan manfaat kepada konsumen dan bila perlu dapat memberikan tambahan kepuasan kepada konsumen. Orang yang berbisnis harus benar-benar mempertimbangkan harga yang mereka tetapkan. Mereka harus bisa menetapkan harga yang terjangkau dengan daya beli konsumen namun dengan tetap memperhitungkan biaya yang telah dikeluarkannya. Mereka juga harus memperhatikan harga pesaingnya. Konsumen tentu akan memilih produk yang harganya terjangkau namun dengan tetap mempertimbangkan  kualitas produk yang akan mereka konsumsi. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu memperhatikan kualitas barang yang diproduksinya.

6.Faktor Persaingan Pasar

Pada kenyataannya di Indonesia, banyak sekali bisnis-bisnis yang saling bersaing untuk dapat menguasai pasar sehingga mereka mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus mempunyai strategi untuk dapat menguasai pasar dan mengalahkan pesaingnya. Jadi,semakin banyak bisnis-bisnis yang menjual jenis barang yang sama,maka akan semakin sulit untuk memikat pembeli/konsumen karena banyaknya saingan dalam bisnis yang sama tersebut.

7.Teknologi

Faktor teknologi juga berpengaruh terhadap iklim bisnis di Indonesia. Semakin maju teknologi yang digunakan, semakin berkembang pula bisnis yang dijalani, namun dengan tetap memperhatikan skill serta faktor-faktor lainnya.

8.Faktor Jenis Bisnis

Faktor ini juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap klim bisnis di Indonesia. Dalam berbisnis tentunya kita harus memilih bisnis di bidang apa yang akan kita jalani. Dalam memilih jenis bisnis tersebut, sebaiknya kita memilih jenis bisnis yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Misalnya bisnis di bidang pertanian. Kita juga harus mempertimbangkan keuntungan yang akan kita peroleh sebelum kita menentukan bisnis di bidang apa yang akan kita jalani. Dan semakin banyak bisnis-bisnis yang menjual jenis barang yang sama,maka akan semakin sulit untuk memikat pembeli/konsumen karena banyaknya saingan dalam bisnis yang sama tersebut.

9.Faktor Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah juga turut mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Kebijakan pemerintah tersebut bisa saja mendatangkan peluang bagi bisnis kita dan bisa pula menyebabkan hambatan bagi bisnis kita. Misalnya kebijakan dalam menetapkan pajak.

10.Faktor Kondisi Negara

Kondisi negara yang dimaksud dapat berupa kondisi perekonomian, sosial politik maupun pertahanan dan keamanan negara. Kondisi negara yang tidak menentu bisa menghambat bisnis yang dijalani. Misalnya saat terjadi inflasi. Tentu saja kondisi ini turut mempengaruhi bisnis yang sedang dijalani.

sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Inflasi

http://www.biz2credit.in/community/articles/153-effects-of-high-inflation-on-small-business

http://ekaagustianingsih.blogspot.com/2011/03/dampak-pengangguran-terhadap.html

http://sharlitasara.blogspot.com/2010/10/tugas-1.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s