Arti Bisnis dan Pengaruhnya Untuk saya

Posted: October 12, 2012 in Uncategorized

Bisnis adalah kegiatan yang menghubungkan antara pembeli(konsumen) dan penjual  dengan tujuan mencari laba yang sebesar2nya. Keuntungan bagi pembeli adalah barang dan jasa,sedangkan keuntungan bagi penjual adalah berupa uang.

Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan.

Meskipun bentuk kepemilikan bisnis berbeda-beda pada setiap negara, ada beberapa bentuk yang dianggap umum:

  • Perusahaan perseorangan: adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh satu orang. Pemilik perusahaan perseorangan memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Artinya, apabila bisnis mengalami kerugian, pemilik lah yang harus menanggung seluruh kerugian itu.
  • Persekutuan adalah bentuk bisnis dimana dua orang atau lebih bekerja sama mengoperasikan perusahaan untuk mendapatkan profit. Sama seperti perusahaan perseorangan, setiap sekutu (anggota persekutuan) memiliki tanggung jawab tak terbatas atas harta perusahaan. Persekutuan dapat dikelompokkan menjadi persekutuan komanditer dan firma
  • Perseroan: adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan
  • Koperasi: adalah bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Karateristik utama koperasi yang membedakan dengan badan usaha lain adalah anggota koperasi memiliki identitas ganda. Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.

Bisnis juga terdiri dari berbagai macam tipe, dan, sebagai akibatnya, bisnis dapat dikelompokkan dengan cara yang berbeda-beda. Satu dari banyak cara yang dapat digunakan adalah dengan mengelompokkan bisnis berdasarkan aktivitas yang dilakukannya dalam menghasilkan keuntungan.

  • Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang fisik seperti mobil atau pipa.
  •  Bisnis jasa adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa adalah konsultan dan psikolog.
  • Pengecer dan distributor adalah pihak yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen. Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor atau pengecer.
  • Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
  • Bisnis finansial adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dari investasi dan pengelolaan modal.
  • Bisnis informasi adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti intelektual (intelellectual property).
  • Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik, seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
  • Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
  • Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.

Seberapa besar peran bisnis berpengaruh dalam kehidupanku?

Bisnis telah saya jelaskan dimana adanya kegiatan transaksi antar pembeli dan penjual guna mendapatkan laba. Mungkin melalui bisnis juga saya masih dapat bertahan hidup sampai sekarang. Contohnya,saya membeli makan di warteg,saya memprint data di warnet,membeli alat tulis di gramedia, dan seterusnya dimana saya berperan sebagai konsumen yang membayar produsen(entah barang maupun jasa) dan menerima barang dan jasa tersebut dari produsen,  Itu salah satu contoh-contoh kecil dari kegiatan bisnis yang saya lakukan tiap hari, dan mungkin juga dilakukan tiap orang dalam hidupnya

                Bisnis juga perlu dilakukan bagi tiap manusia guna meraih pendapatan. Di era sekarang ini sulit sekali meraih segala sesuatu dengan gratis. Apalagi di Indonesia. Contohnya saja, bahkan air bersih pun kita harus membelinya,untuk membelinya kita kembali melakukan bisnis.  Untuk itu kita perlu bekerja. Jika kita bekerja,contohnya berwira usaha,kita harus melakukan yang namanya bisnis lagi bukan? Jadi hampir setiap saat orang–orang melakukan bisnis

                Jika ada orang yang tidak melakukan bisnis,mungkin orang tersebut sulit untuk dapat bertahan hidup di dunia modern ini. Tanpa bisnis, dari mana manusia dapat meraih pendapatan seperti uang? Dan tanpa uang bagaimana manusia dapat memenuhi kebutuhan primernya? Pendapat saya,mungkin sangat sulit ada orang yang dapat bertahan hidup tanpa melakukan bisnis di era modern ini.

                Untuk saya sendiri,jika saya tidak melakukan bisnis,saya pasti tidak akan bertahan di kerasnya kehidupan sekarang ini. Tanpa pendidikan saya pasti sulit mendapat pekerjaan, tanpa pekerjaan saya tidak akan mendapat penghasilan. Tanpa penghasilan saya tidak dapat bertahan hidup. Itulah dampak bagi saya jika saya tidak melakukan bisnis.

                Jadi intinya peranan bisnis dalam diri saya sangatlah besar.

 

Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s